Kali ini kami akan membahas Panduan Menulis Artikel Dengan Plugin Yoast SEO Lengkap, salah satu plugin terbaik untuk meningkatkan artikel anda agar berkualitas, mudah dibaca search enggine dan berada pada halaman pertama. Plugin ini cocok untuk anda yang masih belajar SEO pada website karena memiliki banyak fitur yang membantu menganalisis artikel anda. Plugin ini untuk anda yang menggunakan enggine WordPress saja, jadi untuk anda yang tidak menggunakan WordPress plugin ini belum tersedia.

Pada plugin Yoast SEO memiliki keunggulan yaitu adanya fungsi Readability Analysis, dimana plugin ini membantu untuk mendeteksi apakah artikel anda berkualitas atau tidak. Target dari sebuah artikel yaitu biasanya sebagai marketing sebuah jasa atau usaha. Tentu saja tulisan anda yang berada pada halaman pertama akan mempengaruhi sebuah kunjungan pada website anda.

Panduan Menulis Artikel Dengan Plugin Yoast SEO

Langsung saja kita akan membahas SEO dengan Plugin Yoast. Dalam mebuat artikel tentukan judul artikel tersebut dengan semenarik mungkin bagi jasa dan produk anda. Contoh judul yang menarik dan akurat yaitu “Jasa Pembuatan Website”, “Jual Produk Kecantikan Murah”, “Jasa Pemasangan Baja Ringan”. Anda juga dapat menambahkan kota di belakang Judul agar lebih spesifik seperti “Jasa Pemasangan Baja Ringan Jogja”.

Setelah anda mendapatkan judul, letakkan judul anda Focus Keyphrase pada plugin Yoast yang berada di bawah isian artikel anda yaitu pada Post –> Add New Post –> Focus Keyphrase. Dalam contoh artikel kali ini kami menggunakan judul “Panduan Menulis Artikel Dengan Plugin Yoast SEO Lengkap”.

Setelah anda mendapatkan Focus Keyphrase atau judul utama pada artikel anda. Anda dapat copas judul tersebut pada isian judul artikel dan juga pada SEO Title pada Edit Snipet. Letak Edit Snipet berada di bawah isian artikel pada kolom Yoast SEO, klik edit snipet lalu akan muncul isian SEO title. Berikut adalah gambar untuk Isian Pada Judul Artikel :

Isian SEO title pada Edit Snipet :

Setelah anda memasang judul atau focus keyphrase seperti langkah di atas, langkah selanjutnya adalah menulis paragraft pertama pada artikel anda. Dalam membuat paragraft pertama, sertakan judul atau focus keyprhase pada paragraft pertama. Contoh yang saya gunakan pada artikel ini adalah “Panduan Menulis Artikel Dengan Plugin Yoast SEO Lengkap”. Sehingga artikel akan seperti berikut :

Hasil judul tadi pada paragraft pertama terlihat dengan tulisan yang kami bold. Pada penulisan artikel dilarang keras copas dari website lain, dan focus keyphrase dapat anda tandai dengan tebal / bold.

Setelah mendapatkan paragraft pertama, anda dapat meng copas paragraft pertama anda pada Edit Snipet –> Meta Descriptions seperti pada gambar berikut.

Yang perlu diperhatikan adalah panjang karakter tulisan adalah 156 karakter, atau anda dapat mengikuti indikator hingga berwarna hijau. Jangan lupa sertakan judul atau focus keyphrase pada Meta description.

Pengecekan Readability Focus Keyphrase

Sampai langkah ini kita akan mengecek masalah pada artikel ini dengan cara melalui Focus Keyphrase. Biasanya artikel anda akan memiliki masalah sebagai berikut :

  • Tulisan paragraft atau isian artikel yang kurang panjang yaitu minimal 300 kata
  • Tidak adanya link keluar atau outbond link
  • Gambar yang tidak terpasang
  • Internal link
  • Image Alt Attributes
  • Judul yang kurang panjang.

Masalah-masalah pada artikel dapat anda lihat pada Focus Keyphrase seperti gambar berikut :

Pada tanda merah di anggap memiliki masalah yang cukup penting, sedangkan kuning adalah perlu perbaikan secara opsional, dan warna hijau sudah bagus. Seperti misalnya gambar diatas Outbond links, yang berarti anda harus membuat link keluar pada website anda sebagai referensi pada artikel anda.

Pengecekan Readability Analysis Yoast SEO

Setelah anda mengeek pada Tab Focus Keyphrase sampai tanda merah hilang semua, langkah selanjutnya anda mengecek pada tab Readability analysis. Pada tab ini yaitu plugin Yoast SEO membantu memperbaiki tata cara penulisan pada artikel anda seperti paragraft yang terlalu panjang, dan pengecekan dalam penggunaan sub judul. Yoast SEO menganjurkan untuk penggunaan sub judul yang memakai focus keyword dengan sub heading 2, dan sub heading 3. Berikut adalah contoh penggunaan sub heading pada artikel.

Dalam penggunaan sub heading, Yoast menyarankan untuk meletakkan sub heading diantara paragraft yang memiliki lebih dari 300 kata. Dalam artian sub heading lebih baik diletakkan pada antar paragraf yang memiliki jumlah 300 kata. Dalam penggunaan subheading H2 cukup 1 saja, lalu selebihnya H3.

Setelah anda mengisi dengan benar dan mengikuti intruksi dari tanda merah pada Readability analysis dan Focus Keyphrase, maka tanda Pada Yoast SEO akan hijau yang menandakan bahwa artikel anda sudah bagus.

Dalam membuat artikel yang harus anda perhatikan adalah jangan hanya meng copas dari website lain. Anda dapat meng copas namun silakan anda terjemahkan dengan bahasa anda sendiri. Selain itu anda dapat menambahkan seperti gambar, video, atau maps lokasi karena search seperti google.com menyukai penggunaan media dalam artikel.

Tips apabila anda telah mengedit sesuai saran Yoast, namun tak kunjung menemukan indikator hijau anda dapat mengubah bahasa WordPress anda ke dalam bahasa Indonesia. Anda dapat mengubah melalui menu Setting –> General –> Language lalu pilih Bahasa Indonesia, klik save maka situs anda akan berubah ke Bahasa indonesia. Selain itu anda dapat membuat artikel dengan mengisi point-point dari artikel anda dengan bullet dan numbering seperti gambar dibawah ini.

Berikut tadi adalah panduan kami mengenai Panduan Menulis Artikel Dengan Plugin Yoast SEO sebagai indikator artikelnya. Jangan pernah menyerah untuk menulis jika anda ingin website anda memiliki rating dan peringkat yang bagus di mesin pencari. Semoga artikel ini mampu memberikan gambaran tentang bagaimana menulis artikel yang baik dan benar.