Artikel ini membahas bagaimana cara Translate Website yang dibangun menggunakan WordPress secara manual. Ada beberapa plugin sebenarnya untuk membuat translate secara otomatis, namun beberapa orang kadang tidak puas dengan hasil translate otomatis. Ada banyak plugin translate otomatis pada website salah satunya Translate WordPress with GTranslate, namun pada artikel ini akan membahas bagaimana cara translate website dengan WordPress secara manual.

Translate mungkin sangat anda butuhkan apabila pemasaran produk anda sampai ke luar negeri, atau target pengunjung anda orang asing dan Indonesia. Beruntungnya bagi anda yang menggunakan WordPress sehingga memudahkan kita untuk melakukan translate secara manual. Translate secara manual disini yaitu dengan memasukkan kata-kata dalam versi bahasa Inggris secara pribadi.

Cara Translate WordPress Secara Manual

Dengan plugin ini anda cukup mudah untuk melakukan translate secara manual, plugin ini mendukung translate semua tulisan dari postingan serta halaman. Plugin tersebut bisa anda dapatkan secara gratis di plugin direktori wordpress dengan nama TranslatePress – Multilingual. Plugin ini sangat mudah digunakan, tidak terlalu rumit dlam pengaturanya. Langkah-langkah translate manual pada situs WordPress.

1. Install Plugin TranslatePress – Multilingual

Silakan pilih pada menu Plugin lalu klik add new kemudian cari TranslatePress – Multilingual

Setelah menemukan plugin diatas kemudian klik Install dan Aktifkan.

2. Menuju menu pengaturan –> TranslatePress

setelah itu akan muncul halaman seperti berikut:

Anda dapat melakukan settingan default bahasa dan menambah bahasa, jika sudah selasai anda tinggal klik Translate Site pada background biru diatas.

3. Lakukan Pengaturan Bahasa

Saat nya anda melakukan pengaturan bahasa secara manual seperti gambar berikut:

Anda dapat klik icon pensil pada tulisan di website, kemudian isi dalam bahasa lain. Dalam contoh tersebut kami menggunakan bahasa jerman dan inggris. Setelah selasai jangan lupa untuk menyimpan perubahan.

Untuk melakukan perubahan bahasa, anda dapat mengubah satu persatu sehingga akan lebih detail pada setiap halaman maupun postingan anda.

Kesimpulan

Melakukan translate multi bahasa secara manual memang dapat menghabiskan lebih banyak wakktu dibanding cara otomatis, namun hasil nya dapat sesuai keinginan anda. Jadi anda dapat memilih untuk melakukan secara otomatis atau secara manual.

 

Our Score
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]