Pembuatan artikel / postingan tentunya diharapkan akan menambah traffic pengunjung website kita, namun untuk membuat postingan harus dengan konten yang berkualitas dengan mengikuti panduan Cara Menulis Artikel dengan Yoast SEO. Konten yang berkualitas akan ditampilkan di halaman pencarian pada halaman pertama.

Cara Menulis Artikel dengan Yoast SEO

Banyak yang kurang memahami cara pembuatan artikel website yang berkualitas, oleh karena itu bagi anda yang menggunakan WordPress dapat memakai plugin Yoast SEO untuk mengecek kualitas artikel yang anda buat. Menurut team Yoast SEO, artikel yang berkualitas yaitu :

  • Jumlah deskripsi minimal 300 kata.
  • Terdapat gambar yang ada dalam postingan
  • Gambar memiliki atribut yang berkaitan dengan kata kunci.
  • Memiliki inbond link dan outbond link
  • Judul artikel maksimal 60 karakter huruf
  • Subjudul dengan H2 / H3
  • Jumlah kata dalam paragraft tidak perlu terlalu panjang.
  • Artikel mengandung point / bulleting / numbering.

Cara Menulis Artikel Website dengan Yoast SEO

Dengan menginstall plugin Yoast bukan berarti ranking situs anda akan naik, namun kita dapat memanfaatkan fitur untuk menganalisis kualitas konten yang telah kita buat. Artikel berikut akan membahasa Cara Menulis Artikel dengan Yoast SEO agar Bagus di Pencarian Cara Menulis Artikel dengan Yoast SEO.

Jumlah Deskripsi Minimal 300 Kata

Team Yoast Menyarankan dalam pembuatan artikel harus menggunakan 300 kata yang unik, karena artikel yang memiliki panjang kurang dari itu dinilai kurang memiliki kualitas.

Terdapat gambar yang ada dalam postingan

Sebuah artikel / berita tentunya akan lebih menarik jika ada gambar sesuatu yang diceritakan. Gambar dalam postingan tentunya akan memperkuat informasi yang akan kita sampaikan.

Gambar memiliki atribut yang berkaitan dengan kata kunci

Gambar atribut atau Alt teks seperti memberikan keterangan informasi gambar, pada tujuan utamanya untuk memudahkan mesin pencari membaca gambar yang kita pakai.

Memiliki inbond link dan outbond link

Inbound link adalah link dalam artikel yang mengarah / menuju kedalam situs kita sendiri, sedangkan outbond link yaitu tautan yang menuju ke situs lain untuk dijadikan referensi.

Judul artikel maksimal 60 karakter huruf

Pada judul artikel maksimal karakter huruf yang dipakai 60, hal tersebut bertujuan agar efektif dan fokus terhadap informasi yang akan kita sampaikan.

Buat Subjudul dengan H2 / H3

Subjudul menjadi sebuah hal yang penting untuk kita gunakan, bayangkan jika anda membuat artikel panjang tanpa ada subjudul akan membosankan untuk pembacanya.

Jumlah kata dalam paragraft tidak perlu terlalu panjang

Kata yang terlalu panjang dalam kalimat didalam paragraft dinilai team Yoast akan membosankan dan bertele-tele sehingga tidak akan bagus untuk pembacanya. Mesin pencari meskipun robot, namun menggunakan ketentuan dari apa yang disukai oleh manusia itu sendiri.

Artikel mengandung point / bulleting / numbering.

Mengapa artikel harus anda point-point? Hal tersebut akan menguatkan dari kalimat yang kita tulis, menyampaikan inti kalimat menggunakan point-point yang biasanya diabil untuk kesimpulan serta nilai yang kuat.

Menulis Artikel dengan Yoast SEO

Jika anda sudah memahami point penting dalam pembuatan artikel, langkah selanjutnya adalah menulis artikel kemudian menganalisis kesalahan / kekurangan menggunakan plugin Yoast. Dalam pembuatan artikel ini akan tampak beberapa kualitas artikel yang kurang pada Analisis SEO yang ditampilkan oleh Yoast.

Cara Menulis Artikel dengan Yoast SEO

Cara Menulis Artikel dengan Yoast SEO

Cara Menulis Artikel dengan Yoast SEO

Masalah tersebut dapat kita atasi dengan memberikan fitur yang kurang pada artikel sampai warna merah tersebut berubah menjadi hijau. Untuk lebih mudah memahami cara memperbaiki yang masih berwarna merah, silakan simak video yang kami buat dibawah ini agar pemahaman dapat lebih detail dan mudah dimengerti.